Blog Saya Hilang Dari Goole Search, Kenapa??

Sampai hari ini saya tidak tahu apa yang menyebabkan salah satu blog saya hilang (deindex) dari google search (mesin pencari Goole. Apakah karena webspam, script iklan yang mengandung virus, malware, link farm atau, keyword stuffing atau yang lain?.

Awal Mula Blog Saya Deindex (Penurunan Jumlah Pengunjung Yang Sangat Drastis)

Sehari yang lalu, saya cek penghasilan saya di salah satu media Iklan PPC terbesar di Indonesia dan sekaligus juga untuk mengetahui apakah penghasilan saya bulan ini sudah dikirim ke rekening saya. Dan memang, salah satu tujuan blogging saya adalah untuk mencari penghasilan dari internet.

Saya terkejut ketika melihat jumlah tayangan iklan di blog saya yang kena hukuman itu sangat rendah dari hari-hari sebelumnya. Misalnya saja, dalam waktu 5 jam sejak dihitung mulai awal hari  yaitu jam 7, jumlah iklan yang tampil di blog saya yang kena diendex itu mencapai 500 lebih. Tapi di hari itu hanya 79 kali tayang. Saya berikir pasti ada yang tidak beres.

Tak berapa lama, saya langsung log in ke google analytic, dan juga blogger. Benar! pengunjung blog saya turun sangat drastis. Saya pun cek di Google Search Console (webmaster) serta email, siapa tahu ada pesan baru dari google. Ternyata, tidak ada apa-apa. Semua tampak normal di google webmaster dan juga tidak ada email apapun.

Dan berdasarkan apa yang pernah saya baca dari beberapa ahli SEO, salah satu ciri-ciri blog yang akan hilang (deindex) dari google adalah penurunan jumlah traffic atau pengunjung yang sangat drastis, lihat screenshot di bawah ini.
Penurunan Traffic/Visitor adalah tanda-tanda blog Deindex di Google
Lalu, untuk mengecek apakah benar blog saya hilang dari google search, saya ketik site:http://blogsayadeindek.blogspot.com (url contoh saja) di google search. Dan hasilnya sangat mengejutkan. Satu posting pun tak ada terindeks di google. Sayapun berkesimpulan bahwa blog deindex di google, lihat screenshot 2 di bawah ini :

Blog Deindex atau hilang di mesin pencari terutama Google

Beberapa Kemungkinan Penyebab Blog Deindex di Google

Saya adalah bloger yang paling malas berburu backlink entah itu menggunakan cara tukeran link (link excahnge) yang saat ini memang sudah usang, submit blog ke directori, komentar, atau dengan cara yang lain, apalagi dengan cara membeli backlink.

Oleh karenanya jumlah backlink untuk blog saya yang bisa dikatakan sudah cukup berumur, tidak memiliki backlink yang banyak. Hanya sedikit saja. Dan itupun berasal dari share saya ke google plus, facebook, Pinterest dan media sosial lain yang menurut para ahli SEO aman dari hukuman google.

Selain itu, setiap saya posting, saya juga tidak pernah memikirkan keyword atau kata kunci atau membangun internal link yang berlebih (bagian dari SEO onpage), apalagi jika tidak berhubungan. Jadi, saya rasa dalam urusan Seo On Page masih terbilang wajar (menurut saya sih..hehe)

Apakah ada kemungkinan blog saya deindex dari google disebabkan oleh link farm?. Saya juga tidak tahu. Lha wong link farm saja saya tidak terlalu paham bagaimana cara membuatnya. Atau mungkin karena terlalu sering melakukan Ping?. Ini juga sepertinya tidak mungkin, karena setiap posting atau update, saya tidak pernah melakukan ping sama sekali.

Lalu apa yang menyebabkan blog saya menghilang dari google search?. Hingga posting ini saya buat, saya tidak tahu apa yang menyebabkan blog saya ditendang oleh google.

Saya (hanya) menduga (saja) kalau ada beberapa kemungkinan sebab blog saya Deindex. Pertama, beberapa waktu lalu saya merubah deskripsi blog di mesin penulusuran (bukan deskripsi blog di menu pengaturan dasar). Dan memang, sejak dibuatnya blog tersebut, saya sudah tiga kali melakukan perubahan deskripsi blog untuk penelusuran.

Kedua, script iklan yang mengandung Malware. Untuk poin ini, saya membandingkan dengan semua blog saya yang dipasangi iklan dari sumber yang sama yaitu popcash, kliksaya dan adfly. Seandainya karena ketiga jenis iklan yang mengandung malware tersebut, tentu semua blog saya akan hilang dari google.

Disarankan untuk dibaca :
Mendapatkan Uang tambahan dari Adf.ly

Nah, memang ada satu iklan jenis PPC luar (Ylixx) yang hanya saya pasang di blog yang kena deindex itu dan tidak saya pasang di semua blog saya. Apakah ini penyebabnya?

Untuk mengetahui jawaban dan dugaan saya, saya pun cari informasi seputar pengalaman publisher yang memasang iklan dari Yllix. Dan ternyata, banyak blog yang bermasalah dan ada yang sampai deindex seperti blog saya. Scirpt iklan dari Yllix itu dianggap mengandung virus, malware dan sering sneaky redirect yaitu mengalihkan pengunjung ke url atau link baru yang berbeda dari apa yang sedang dituju oleh pengunjung. Hal ini jelas melanggar aturan google webmaster guidelines yang berdampak buruk pada blog.

Kesimpulan

Hingga detik ini saya belum dapat menyimpulkan kenapa blog saya tiba-tiba hilang dari google search karena saya tidak mendapatkan keterangan apapun dari google entah itu melalui email atau di GSC, meskipun bisa saja deindex itu disebabkan oleh dua kemungkinan seperti yang saya jelaskan di atas (perubahan deskripsi blog di mesin telusur dan script iklan Yllix yang mungkin mengandung malware dan sering sneaky redirect).

Catatan Tambahan :
Meskipun blog atau situs sudah tidak mendapatkan indeks di google, ada kalanya situs atau blog tersebut masih bisa diakses atau masih bisa dibuka dan dikunjungi ketika kita mengetikkan url tersebut di adress bar browser. Hal yang berbeda jika blog tersebut dibanned atau dihapus oleh google, maka kita tidak bisa membuka blog atau situs tersebut walaupun sudah menulisnya di adress bar. Sekian posting dari pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat...

Related Posts

1 komentar

  1. itu 100% dari iklan popup
    hapus popup nya, resubmit
    nanti ke index lg..cuman makan waktu

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter