Berhati-Hatilah Dengan Manfaat Atau Khasiat Untuk Kesehatan !!

Sering kita temui berbagai berita ataupun informasi tentang manfaat atau khasiat sesuatu terutama untuk kesehatan di media online. Bagus memang, namun tidak semuanya itu benar-benar bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan kita, jika kita tidak mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang informasi itu.

Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah kita harus berkonsultasi terlebih dulu dengan ahlinya atau pakarnya, atau setidaknya kita bisa mencari info dan berita dampak buruknya. Karena, rata-rata tulisan seputar khasiat atau manfaat itu biasanya tidak dibarengi dengan dampak buruknya.

Sekedar tips, misalnya kalian ingin mempraktikkan tips dari sebuah media online tentang "Manfaat minum Air Perasan Jeruk Nipis bagi Kesehatan" atau "Khasiat Bawang Putih Untuk Perut Buncit". Sebelum memulai mempraktikan, carilah informasi apa saja bahaya atau efek samping dari minum air perasan jeruk nipis dan makan bawang putih mentah bagi kesehatan organ tubuh lain, jika anda malu atau malas berkonsultasi.

Jadi berhati-hatilah dalam membaca sebuah berita tentang manfaat atau khasiat sesuatu untuk kesehatan jika disitu tidak dijelaskan apa saja dampak atau efek samping untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

Saya pernah punya pengalaman di awal-awal kenal dengan dunia internet. Waktu itu saya membaca sebuah informasi manfaat berkumur dengan air garam. Salah satunya bisa membunuh bakteri dalam mulut, menghilangkan bau nafas, mengobati peradangan gusi atau gusi berdarah, meringkan gejala sakit tenggorokan dan sebagainya.

Lalu, saya pun mempraktikannya hampir setiap hari hampir selama satu tahun. Memang benar manfaatnya begitu terasa bagi kesehatan mulut. Namun, saya kemudian sadar kalau gigi saya terasa seperti keropos dan kadang linu. Kemudian saya berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi, dan kata dokter, manfaat air garam untuk kesehatan memang bagus, namun jika dilakukan setiap hari maka bisa merusak gigi, karena kandungan garam yang memang bersiat masam.

Seperti itulah yang saya alami. Sejak saat itu, saya pun mulai berpikir ketika kita membaca informasi seputar manfaat, khasiat atau tips untuk kesehatan harus dibarengi dengan informasi dampak atau efek sampingnya, apapun itu ! entah manfaat buah untuk kesehatan, khasiat kopi, bawang putih, jahe, kunyit, daun kelor, air garam, daun salam, air kelapa, madu, buah naga dan sebagainya.

Selain itu, bacalah berita dari situs-situs yang memang sudah terpercaya seperti hallo sehat, lifestyle kompas, detik sehat, alo dokter dan sebagainya.

Kesimpulannya, gali terus informasi tentang manfaat atau khasiat untuk kesehatan apapun yang dibarengi dengan informasi dampak buruk dan efek sampingnya dari situs-situs besar dan terpercaya. Sekian dari saya, semoga posting ini bisa membuat kita jadi lebih berhati-hati untuk memilih dan memilah berita mana yang memang seimbang dalam memberikan informasi manfaat, khasiat, tips bagi kesehatan kita.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter