Cara Mengetahui Update Lagu Terbaru Di Youtube.

Di zaman ketika dunia maya (internet) kini 'berkuasa' ternyata masih banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya, bagaimana sih caranya agar bisa mengetahui update lagu terbaru dengan mudah?. Untuk itulah saya akan coba berbagi kepada anda tentang cara paling cepat dan paling jitu mengetahui lagu terbaru apa saja yang saat ini sudah dirilis.

Cara Mengetahui Lagu Terbaru di Era 90an

Beda zaman dulu dan sekarang. Dulu di era 90an, ketika televisi masih didominasi oleh TVRI, masyarakat begitu mudah untuk mengetahui apa saja lagu terbaru yang sudah dirilis. Program Album Minggu ini milik TVRI merupakan salah satu acara favorit masyarakat Indonesia kala itu. Di acara inilah masyarakat dengan mudah mengetahui lagu-lagu terbaru yang sudah dirilis oleh artis atau penyanyi tertentu, sebelum membeli kasetnya.

Selain acara atau program Album Minggu Kita (Ini), ada juga acara musik TVRI lainnya yang juga digunakan masyarakat untuk mengetahui lagu-lagu terbaru yang mereka tunggu, seperti Kamera Ria (yang hingga saat ini masih tayang namun berbeda kemasan), atau acara Aneka Ria Safari juga bisa dijadikan rujukan waktu itu.

Namun, program yang paling lengkap menurut saya waktu itu adalah Album Minggu Kita. Karena di acara itu, semua genre bisa kita nikmati. Ada lagu Dangdut terbaru, lagu Pop terbaru, Rock, dan slow Rock.

Mengetahui Update Lagu Terbaru Melalui Internet (Youtube)

Sementara itu di zaman sekarang, dimana teknologi sudah semakin canggih dengan dukungan internet yang sudah tersebar luas di penjuru Indonesia ternyata masih banyak bagi sebagian orang yang bingung atau bahkan tidak tahu cara mengetahui update lagu terbaru.

Kebanyakan mereka justru baru mengetahui sebuah lagu terbaru dari televisi. Padahal, sebelum ditayangkan di televisi, maoyoritas lagu-lagu terbaru itu sudah muncul terlebih di internet terutama Youtube. Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan fitur-fitur di Youtube.

Mereka hanya terpaku pada menu atau fitur trending youtube. Padahal, untuk mengetahui lagu terbaru bukan seperti itu. Fitur atau menu trending topic hanya memuat video-video populer saja yang sifatnya umum (bisa berisi berita, olah raga, video unik, dan juga termasuk lagu).

Petunjuk dan Tips Mengetahui Lagu Terbaru dari Artis Idola

Lalu bagaimana sih agar kita bisa dengan mudah mengetahui update lagu-lagu terbaru dari artis atau grup band idola?. Simak poin-poin berikut ini :

  1. Buka aplikasi Youtube.com di ponsel android anda
  2. Ketik artis atau penyanyi atau grup band idola anda untuk mengetahui lagu terbarunya
  3. Lalu Klik menu filter di bawah kotak pencarian youtube
  4. Pilih hari ini, minggu ini atau bulan ini
Dengan 4 poin itu, kita tinggal menyeleksi semua yang ditampilkan youtube tersebut. Saran saya, anda lebih baik menyeleksi dari channel resmi sebuah label (perusahaan rekaman) dengan melihatnya di bawah judul posting itu. 

Sebagai contoh, anda ingin tahu update lagu terbaru Via Vallen. Ketik saja kata 'Via Vallen' tidak perlu ditambah dengan lagu terbaru Via Vallen. Setelah itu, filter saja, dan pilih hari ini, minggu ini, atau bulan ini. Setelah itu, cari yang bersumber dari Channel Resmi sebuah label (perusahaan rekaman).

Misalnya saja ada sebuah lagu terbaru koleksi Via Vallen yang berjudul Aku Bukan Bonekamu, dan dibawah judul posting itu tertulis channel Sakura Record. Klik saja video tersebut. Dengan begitu anda akan benar-benar tahu mana koleksi lagu terbaru Via Vallen dan mana yang abal-abal atau  justru mengelabui anda.

Perhatikan Screnshoot di bawah ini :
Cara mudah mengetahui update lagu terbaru dari artis idola


Dari pengamatan yang sudah saya lakukan dan berdasarkan poin-poin di atas, saya coba telusuri kata Via Vallen, kemudian saya filter minggu ini lalu muncul video-video seperti pada gambar. Namun, saya menyeleksi lagi di antara 3 video di atas, dan ternyata yang bersumber dari channel label (perusahaan rekaman) ada di posisi 3 hasil pencarian, dimana video itu diupload 2 hari lalu dan ketika saya ketikkan kata kunci lagi di kotak pencari Via Vallen - Aku Bukan Bonekamu, ternyata video itu menempati urutan teratas dan dengan jumlah view terbanyak, maka saya simpulkan kalau video itu merupakan lagu terbaru paling update yang dirilis oleh Via Vallen saat itu.

Mengapa saya tidak memilih video 1 dan 2? karena jelas berdasar keterangan pada judul postingnya adalah Live Samarinda, tentu saja itu bukan lagu yang baru dirilis, meskipun videonya lebih baru waktu uploadnya.

Cara Mudah Alternatif Lainnya

Selain dengan cara menggunakan metode menulis kata kunci di youtube, anda juga bisa berlangganan atau subscribe ke channel-channel resmi sebuah label perusahaan yang memang sering merilis lagu terbaru seperti Nagaswara, Pelangi Record, Sani Music Indonesia, Akurama Record, Perdana Record, Samudra Record dan masih banyak lainnya.

Namun, lebih baiknya jika sebelumnya anda ketikkan dulu artis atau grup band idola anda di kotak pencarian, lalu seleksi berdasar channel label resminya, setelah ketemu, silahkan berlangganan ke channel tersebut, karena hampir dipastikan artis idola atau grup band anda terikat kontrak dengan label (perusahaan rekaman) tersebut.

Nah itulah posting yang bisa saya share untuk anda hari ini. Semoga dengan tips ini, anda bisa dengan mudah menemukan dan mengetahui apa saja update lagu terbaru dari artis idola anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, mungkin bisa anda gunakan untuk artis lain.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter