Cara Ampuh Layar Sentuh Ponsel Hang Akibat Air

cara ampuh agar layar sentuh (touchscreen) normal akibat air
Cara ampuh layar sentuh ponsel atau handphone yang hang/error/mati pokoknya tidak berfungsi akibat terkena air dalam kadar yang cukup parah ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Waktu itu ponsel (smartphone) saya yang bermerek Samsung Corby II (SGH-3850) terjatuh di air persawahan. Waktu di dalam air lumayan lama, sekitar kurang lebih satu menit. Karena air di sawah pasti bercampur lumpur, saya yang panik waktu itupun ketika mencari atau mengambilnya dengan begitu terburu-buru sehingga airnya pun keruh. Apalagi waktu kejadian masih terlalu pagi dengan cuaca mendung, sehabis waktu subuh.

Ketika berhasil saya temukan dan saya angkat, ponsel kesayangan saya sudah basah kuyup. Lalu teman saya menyuruh untuk cepat membuka casing belakang dan segera mungkin mencopot baterai. Saya pulang dengan hati yang sedih dan masih juga jengkel sama diri sendiri, karena saya takut kalau ponsel tidak berfungsi lagi (matot) dan kuota kartu simpati saya yang sudah saya daftarkan dengan bonus begitu banyak akan hilang. Setiba di rumah saya hanya bisa merenungi nasib sambil menunggu waktu siang agar bisa menjemur ponsel. Sayangnya, hingga siang bukannya panas yang saya dapatkan malah hujan seharian. Akhirnya saya pasrah, hape saya letakkan di atas lemari dengan kondisi terbuka di casing belakang. Niat hati untuk membuka semuanya agar cepat kering, tapi saya gak punya peralatan karena baut yang terlalu kecil sehingga obeng yang saya miliki tak ada yang cocok sama sekali. Di lokasi pedesaan seperti di daerah saya, jauh sekali dengan bengkel servis ponsel, jalan terakhir cuma bisa melongo. Tapi rasa penasaran tetap tumbuh dalam hati saya.

Waktu itu sekitar 10 jam setelah kejadian, batere yang saya copot saya pasang lagi. Waw..betapa kaget ketika ponsel saya ternyata masih menyala. Tapi setelah masuk menu utama, tuh ponsel gak bisa diapa-apain karena layar sentuh ponsel hang/rusak/mati/tidak berfungsi sama sekali. Dan sekilas terlihat masih ada genangan air di layarnya. Lalu saya buka lagi baterenya dan saya diamkan lagi gak saya apa-apain. Sebenarnya saya kepikiran untuk mengeringkan dengan pengering seperti compressor yang biasa digunakan untuk servis motor, akan tetapi hujan deras selama 1 hari itu membuat saya terdiam di rumah.

Setelah berlangsung sekitar 24 jam dari kejadian, saya coba pasang lagi siapa tahu sudah ada perubahan. Hmmm,,,,ternyata belum juga ada perubahan karena layar sentuh ponsel saya yang hang akibat terkena air itu tidak berfungsi juga. Akhirnya saya coba iseng-iseng browsing di internet. Salah satu blog (saya benar-benar lupa karena online lewat warnet waktu itu) menyarankan agar membuka semua casing depan dan belakang lalu mengeringkan dengan hiredryer (pengering rambut) lalu menjemurnya. Hmm,,, saya pikir itu sebenarnya sudah ada dalam benak saya, tapi mana mungkin orang kampung seperti saya punya peralatan seperti itu. Saya soba klik satu persatu blog yang berhubungan dengan cara ampuh mengatasi layar ponsel mati/error dan tidak berfungsi akibat terkena air (entah itu di sungai, laut, hujan dll). Saya masih ingat ada sebuah blog yang menyarankan agar ponsel tersebut direndam dalam sebuah beras. Hah...beras...?? Saya sempat gak percaya, tapi setelah membaca keterangan dan penjelasannya, bahwa salah satu fungsi beras adalah bisa menyerap air dengan cepat. Saya mencobanya dengan memendam ponsel saya. Sekitar setengah jam ponsel saya angkat. Ternyata benar, bahwa beras tersebut bisa meresap air, buktinya layar yang tadi seperti masih ada airnya sudah mengering. Lalu saya coba nyalakan. Wawww betapa kagetnya ketika layar sentuh ponsel saya kembali normal, dan tidak hanya itu. Ponsel saya yang tadinya tidak bisa dicharger, akhirnya jadi bisa. Semua tampak normal kembali, baik untuk sms, telepon, musik, dan online.

Nah satu yang belum saya coba yaitu untuk mengambil gambar, baik foto atau video. Ketika saya coba, ternyata hasilnya buram atau kurang bagus (cerah). Dan saya lihat di mata kamera ponsel saya masih ada sedikit embun. Dan mungkin itu yang menjadi penyebab. Kemudian kembali saya masukkan ponsel saya kedalam beras. Sekitar 2 jam, lalu saya ambil dan saya lihat kalau tetes air seperti embun yang tadinya menempel di kamera ponsel sudah mengering. Lalu saya gunakan untuk mengambil gambar. Apa yang terjadi sobat, semua berjalan normal, dan hasilnya juga seperti sebelum tercebur dalam air di persawahan itu.

Hanya satu yang masih mengganggu pandangan mata saya, bahwa sepertinya LCD ponsel saya terkena imbasnya karena ada tanda hitam kecil di ponsel, di mana waktu sebelum tercebur dalam air, tanda hitam itu tidak ada. Akan tetapi saya lebih bersyukur karena ponsel saya sudah bisa saya gunakan lagi. Apakah yang akan terjadi selanjutnya terhadap LCD, biarkan waktu yang akan menjawab. Yang terpenting masih bisa digunakan seperti sebelum kejadian. Semoga saja bercak hitam LCD itu tidak melebar saja.

KESIMPULAN

Jika sobat suatu saat nanti mengalami kejadian seperti di atas, maka tidak ada salahnya sobat membaca kesimpulan dari cara ampuh menormalkan layar sentuh ponsel yang hang atau rusak akibat kena air :
  1. Jika masih memungkinkan (tidak tercebur dalam sumur, air laut saat naik kapal), temukan dan angkat ponsel yang tercebur air tersebut
  2. Jangan panik, kalem, jangan grusa-grusu (terburu-buru) ketika mencari ponsel tersebut, salah-salah bisa berakibat fatal (jatuh terbanting dll)
  3. Setelah ponsel di tangan, segera buka semua casingnya (jika bisa di buka semua)
  4. Copot atau lepas batere dan kartu simcard dan juga memory card secepat mungkin
  5. Keringkan batere tersebut dengan kain bersih lalu jemur. Jika tidak ada sinar matahari (malam hari atau siang hari tapi mendung dan hujan) bisa dipendam dalam beras sekitar 2-3 jam
  6. Ketika di jemur di panas terik matahari, jangan terlalu lama (paling tidak setengah jam sudah cukup)
  7. Semprot dengan compressor atau hairdryer. Jika masih ada airnya ketika disemprot, kembali dijemur atau dipendam dalam beras
  8. Setelah dipendam dalam beras atau dijemur dalam waktu yang cukup, pasang semua casing dan juga baterenya. Hidupkan ponsel sobat. 
  9. Semoga berhasil
Itulah pengalaman pribadi saya seputar cara ampuh agar layar sentuh ponsel yang hang akibat terkena air baik ringan atau parah, semoga bermanfaat.

Related Posts

11 komentar

  1. layar nya bisa di sentuh tetapi lampu lcd nya ndak hidup

    BalasHapus
  2. permisi min saya mau tanya hp andromax r saya jatuh di kolam terus malamnya saya rendam di beras pas besoknya saya lgsung bawa di galery smartfen nya tapi karena biaya service nya mahal jadi saya batalin. pas saya ambil hp saya saya coba pasangin batre terus saya coba nyalain hidup min. tapi touchscreennya udah gak berfungsi sama sekali tapi layarnya masi bagus. jadi min itu LCD nya yg perlu di bersihin atau LCD yang di ganti ? mksih

    BalasHapus
  3. salam sejahetera ..
    Admin Smartfone saya layar nya terkena air .. terus touch nya eror setiap buka kunci selalu sentuh sendiri .. mau buka menu aja selalu kembali lagi ..
    padahal baru 1 bulan ganti touch nya .. mau ganti touch lagi saya gak punya uang .. maklum saya orang susah ..
    harap di bantu yaah brother ..

    BalasHapus
  4. Gan hp saya kok ga bisa yah udh saya jemur terus saya taro beras semalam, di cas juga ga bisa gan kasih solusinya gan tolon... Hp saya baru beli soalnya

    BalasHapus
  5. Gan,hp saya seminggu lalu kena air sedikit, masih bisa diteken,digeser,dan dimainin dengan lancar.tapi kok ada kaya gerhana matahari nya warna hitem ada 3.ini lcd nya yang rusak apa cuma layar nya aja??tolong bls trims..

    BalasHapus
  6. Coba gan agan setelah ke cebur di air agan lepas batrai kartu memory dan simcard lalu hp agan masukin ke dalam beras max 12 jam atau 24 lalu agan cek pasti bisa

    BalasHapus
  7. kalo air bertahannya di lcd (layar) memeng agak susah gan keringnya, kalo sya ma bongkar sndiri aja lcdnya, liat tutorial di ytb pasti ada, trus ganti sndiri aja lcdnya murah kok, paling 100an gan daripada ke service bisa 300 atau lebih. sy ngalamin experia z1

    BalasHapus
  8. Kalau baterai nya non removable giamana y?? Dan layar nya gak ngerespon gimana?

    BalasHapus
  9. makasih gan infonya, alhamdulillah hp saya bisa hidup lagii berkat beras

    BalasHapus
  10. its not real...but...berhasil caranya di rendam di beras,,wkwkwk
    mantab min

    BalasHapus
  11. gan hp saya masuk ke bak mandi teruss saya ambil masih bisa hidup dan agak sekitar 20 menit hp nya gak bisa lagi atau layar sentuh nya gak berfungsi lagi



    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter